Uncategorized

Tips Merawat Rantai Motor

Di zaman sekarang ini, motor sudah menjadi alat transportasi yang utama. Penggunaan motor tentunya harus sesuai dengan perawatannya. Selain body dan mesin, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah rantai. Nah, supaya rantai motor dapat bekerja lebih lama alias awet, para biker harus memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Kencangkan rantai

Rantai bisa mengalami pemuaian ketika motor digunakan, dan ini bisa memengaruhi kinerja motor. Lakukanlah pengecekan rantai, dan kencangkan rantai secara berkala. Tapi jangan terlalu kencang karena bisa menyebabkan rantai putus.

  1. Berikan pelumas atau oli

Jika tidak punya pelumas rantai, kamu bisa menggunakan oli untuk melumasi rantai. Pelumas rantai atau oli akan lebih minim mengikat debu sehingga rantai tidak mudah kotor oleh debu yang menempel di jalanan.

  1. Bersihkan dari pelumas yang menebal

Pelumas yang sudah bercampur dengan debu akan menebal dan membuat sendi-sendi rantai menjadi berat. Bersihkan dengan air dan sabun cuci piring menggunakan sikat dan bilas lalu di lap hingga kering.

  1. Segera lakukan pergantian bila perlu

Gantilah rantai motor kamu jika space pengencangan rantai pada swing arm sudah habis. Itu artinya rantai sudah tidak bisa dikencangkan lebih jauh walau kondisi rantai kendor. Selain itu, saat kondisi gear sudah ompong maka sebaiknya kamu melakukan penggantian dengan 1 set rantai dan gear.

Jangan menunggu sampai rantai rusak dan harus diganti, lakukanlah perawatan untuk menjaga kondisi rantai motormu. Semoga artikel ini bermanfaat!

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button
Pricelist
Booking Service
WhatsApp